Sabtu, 07 Januari 2012

DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM (DBMS)

DBMS (DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM)
TUGAS SOFTSKILL II





NAMA : RYAN ALFA DEVOTA
NPM : 49210333
KELAS : 2DA03




UNIVERSITAS GUNADARMA






PENGERTIAN

DBMS merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk dapat melakukan utilisasi dan mengelola koleksi data dalam jumah yang besar. DBMS juga dirancang untuk dapat melakukan manipulasi data secara lebih mudah. Hal ini memungkinkan untuk organisasi dengan mudah mengembangkan database untuk berbagai aplikasi dengan database administrator (DBA) dan spesialis lain. Sebuah basis data adalah koleksi terpadu dari catatan data, file, dan lain objek. Sebuah DBMS menyediakan fasilitas untuk mengendalikan akses data , menegakkan integritas data , mengelola kontrol konkurensi , dan pemulihan database setelah kegagalan dan memulihkan dari file cadangan, serta sebagai database menjaga keamanan.


JENIS-JENIS

1. Nama : dBaseDeveloper : Ashton-Tate setelah dibeli Borland mengganti namanya dengan dataBased Intelligence, Inc.Deskripsi singkat :
dBase adalah perkembangan pertama dari pemakaian Sistem Manajemen Database untuk komputer, dipublikasikan oleh Ashton-Tate untuk CP/M dan kemudian untuk Apple II, Mcintosh, UNIX, VMS dan IBM PC. Perkembangan dBAse terlalu lama sehingga nmengakibatkan para saingan mereka seperti Visual Foxpro, Microsoft Acces, berkembang lebih baik kepada para pemakainya.Ashton-Tate dibeli oleh Borlan pada tahun 1991 yang setelah itu produk yang diciptakan bernaung dibawah dBase Inc. Pada tahun 2004, dBase Inc mengubah namanya menjadi dataBased Intelligence, Inc.

2. Nama : DB2Developer : IBMDeskripsi singkat :
DB2 adalah produk Sistem Manajemen Hubungan Database dari IBM atau sekarang yang populer disebut Data Server yang dimana merupakan Perangkat Lunak Manajemen Informasi. Kebanyakan DB2 disebut juga sebagai DB2 Enterprise Server Edition atau top of the line DB2 DAta Warehouse Edition (DB2 DWE) yang berjalan pada Unix, Windows dan Linux Server.

3. Nama : Microsoft AccessDeveloper : MicrosoftDeskripsi singkat :
Microsoft Access atau Microsoft Office Access adalah program aplikasi dari Microsoft yang ditujukan untuk kalangan rumahan atau perusahaan kecil menengah. Microsoft Access menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Access Engine. Microsoft mengeluarkan versi terbaru dari Microsoft Access yaitu Microsoft Access 2007.
Kelebihan : Microsoft Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua table basis data, kueri, form, dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya. Misalnya untuk membuat query, Microsoft menggunakan Query Design Grid, sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa SQL nya.
Kelemahan: Kurang begitu bagus bila digunakan pada akses pengguna yang banyak

4. Nama : IngresDeveloper : Ingres CorporationLink : www.ingres.com
Ingres adalah software Sistem Manajemen Basis Data komersial yang bebas (open source). Ingres pertama kali memulai proyek ristenya di Universitas California, Berkeley. pada awal tahun 70′ an. Sejak pertengahan 1980, Ingres mulai bersaing dengan aplikasi databasekomersial lainnya seperti Sybase, Microsoft SQL Server, NonStop SQL dan lain-lainnya.

5. Nama : Microsoft SQL ServerDeveloper : MicrosoftLink : www.microsoft.com/sqlMacam Edisi : SQL Server Compact Edition (SQL CE), SQL Server Express Edition, SQL Server Workgroup Edition, SQL Server Standart Edition, SQL Server Enterprise Edition, SQL Server Developer Edition.Deskripsi singkat :
Microsoft SQL Server adalah program Sistem Manajemen Dasis Data Relasional. Susunan dari Microsoft SQL Server dibagi menjadi tiga komponen. SQL OS yang melakukan layanan utama pada SQL Server, misalnya mengatur aktifitas, pengaturan memori, dan pengaturan Input/Output; Relational Engine yang bekerja sebagai penghubung komponen database, tabel, query, dan perintah tersimpan dan Protocol Layer yang mengatur fungsi-fungsi SQL Server.









REFRENSI:
http://irhamja.blogspot.com
http://basisdata121v.blogspot.com
http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar