Kamis, 27 Desember 2012

Tulisan 2




5 DESTINASI WISATA DI JAKARTA UTARA

Hello teman-teman sekalian, sudah menentukan tempat wisata belum dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru ? apabila belum saya akan merekomendasikan 5 destinasi wisata di daerah Jakarta Utara. Mari disamak yaa ……
1)      Taman Impian Jaya Ancol

Yaa mungkin sebagian teman-teman sudah pernah berkunjung ke Ancol, tetapi tidak ada salahnya untuk mengunjungi Ancol kembali. Di sini kita akan menemukan arena bermain yang seru di Dunia Fantasi, pertunjukan hewan-hewan laut yang lucu-lucu, sampai wisata pantai yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini. Di samping itu kita akan menemukan arena out bound dan juga pertunjukan kolosal pada malam hari.

2)      Stasiun Tanjung Priuk

Stasiun Tanjung Priok merupakan stasiun tertua yang berada di seberang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Bangunan yang memiliki bentuk bercorak art deco ini pun menjadi salah satu cagar budaya DKI Jakarta. Pernah menjadi stasiun termegah di Asia Tenggara pada masanya, stasiun ini memiliki sejarah dalam roda perekonomian Batavia. Selain sejarahnya, konon di dalam bangunan tua ini terdapat terowongan rahasia yang pada zamannya dijadikan sebagai tempat perlindungan pada masa penjajahan Belanda. Sejarahnya meneceritakan bahwa terowongan ini terus berlanjut sampai Pelabuhan Sunda Kelapa dan Istana Negara. Namun, kini keberadaan terowongan tersebut masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Jadi teman-teman tidak akan menyesal apabila berwisata disini. Di samping belajar sejarah , kita juga dapat refreshing sambil berfoto-foto di tempat ini.

3)      Kampung Tugu

Pada masanya, kampung yang berada di Kecamatan Koja, Jakarta Utara ini diperuntukan bagi bekas Mardijkers atau tentara Portugis yang sudah dibebaskan dari tawanan perang. kampung Tugu dapat dikatakan sebagai Kampung Kristen tertua yang ada di Indonesia barat. Di lokasi ini wisatawan bisa melihat perjalanan kisah para Mardijkers yang harus berpindah agama dari katolik menjadi protestan. Selain itu, kita bisa melihat langsung keberadaan Gereja Tugu yang sudah ada sejak zaman Belanda. Serta kita juga bisa menikmati keunikan bunyi dari Keroncong Portugal yang khas yang ada disini.


  







  4) Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Seperti oase di tengah gurun, Hutan Muara Angke menjadi satu-satunya lokasi di Jakarta yang memiliki hutan. Padahal, kalau Anda perhatikan kawasan ini dihimpit oleh kawasan perumahan mewah Pantai Indah Kapuk. Hijaunya alam yang jarang wisatawan temui di Jakarta ada di sini.
Berjalan di atas board walk atau seperti jembatan dari kayu sepanjang 843 meter yang mengitari taman suaka ini. Dari ketinggian sekitar 20 meter di atas permukaan tanah, hamparan hutan bakau menjadi pemandangan yang sangat menyejukan. Apalagi di salah satu spotnya, masih terdapat monyet-monyet liar yang asyik bergerombol dan bermain-main di atas pohon. Di sepanjang jalan taman ini, wisatawan lebih sring mendengar kicauan burung karena di sini memiliki 74 jenis burung. Selain itu, di kawasan ini juga ada biawak, ular sanca, ular cobra, dan kera ekor panjang. Nah, setelah lelah jalan-jalan mengelilingi hutan, traveler akan diajak mengarungi Sungai Muara Angke sekaligus menuju Pulau Burung yang berada tidak jauh dari Hutan Angke.

5)      Sentra Belanja Kelapa Gading

Selain Ancol, kawasan belanja Kelapa Gading juga sudah sangat terkenal. Di sini kita bisa memuaskan diri dengan berbagai destinasi wisata belanja. Karena memang kawasan Kelapa Gading dipenuhi dengan jajaran toko-toko dan mall-mall besar yang sangat terkenal dan banyak mengundang para penggila belanja.



Jadi itulah 5 destinasi wisata yang menarik di kawasan Jakarta Utara, So buat apa berkunjung ketempat yang jauh-jauh sedangkan disini saja banyak tempat yang menarik. Enjoy Jakarta Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar