Jumat, 03 Desember 2010


NAMA     : RYAN ALFA DEVOTA
NPM       : 49210333
KELAS    : 1DA03





KATA PENGANTAR

                Puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat  dan karunia-Nya tugas makalah softskill ini  dapat diselesaikan. Shalawat serta salam saya curahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, dan para sahabat. Semoga kita masih dalam perlindungan Allah SWT.
            Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang pengertian, jenis, serta manfaat dari angin tornado. Perlu diketahui materi atau pembahasan ini sangat penting dalam kehidupan kita sehari hari. Materi  ini akan dibahas secara singkat dan berbobot dalam makalah ini.
            Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih banyak kepada dosen ilmu alamiah dasar yaitu Pak Yasman yang telah memberikan saya tugas seperti ini untuk menambah ilmu dan wawasan.
            Saya menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini tidaklah sempurna. Namun, besar harapan saya makalah ini bisa menjadi sumber referensi bagi pembaca serta bisa dimanfaatkan untuk memperluas ilmu pengetahuan khususnya dalam hal pengertian serta pencegahan tornado.







DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                      2
DAFTAR ISI                                                                   3
PENDAHULUAN                                                           4
ISI                                                                                  5
KESIMPULAN                                                               17
DAFTAR PUSTAKA                                                       18











PENDAHULUAN
Sebutan tornado atau badai sering menimbulkan kebingungan di masyarakat dan menakutkan karena ketidaktahuan akan pengetahuan tentang fenomena alam tersebut.
Tornado memang mempunyai daya rusak yang hebat akan tetapi kejadian tornadotergantung dari skalanya, sementara di Indonesia tornado memang ada akan tetapi hanya pada skala F0 dan F1 atau sering dikenal dengan Putting Beliung, Angin Puyuh, Angin Ribut, atau Angin Leysus.
Tornado sama dengan putting beliung di Indonesia, perbedaannya hanya pada penyebutan dan skala intensitas tornado. Skala intensitasnya yaitu F1 dan F0.
Tornado sangat membahayakan dan mengerikan karena dapat menimbulkan banyak korban jiwa. Durasi waktunya juga cukup lama yaitu 10 menit sampai lebih dari 1 jam.








ISI
PENGERTIAN & DEFINISI

 Kata "tornado" merupakan perubahan dari kata dalam Bahasa Spanyol tronada, yang berarti "badai petir". Kemudian, kata tornado juga diambil dari Bahasa Latin tonare, yang berarti "gemuruh". Kata ini sangat mungkin merupakan kombinasi dari bahasa Spanyol tronada dan tornar ("berputar"); namun, kata ini mungkin juga merupakan suatu etimologi rakyat.  Tornado juga secara umum dikenal sebagai twisters.
Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.
Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300-480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km.
Meskipun tornado telah diamati di tiap benua kecuali Antartika, tornado lebih sering terjadi di Amerika Serikat. Tornado juga umumnya terjadi di Kanada bagian selatan, selatan-tengah dan timur Asia, timur-tengah Amerika Latin, Afrika Selatan, barat laut dan tengah Eropa, Italia, barat dan selatan Australia, dan Selandia Baru.
Tornado didefinisikan oleh Glosari Meteorologi sebagai "kolom udara yang berputar kencang yang menyatu dengan permukaan tanah dan muncul dari awan cumuliform atau bagian bawah awan cumuliform dan sering (namun tidak selalu) tampak sebagai suatu awan corong..."

Tornado tidak harus tampak; namun, intensitas tekanan rendah yang disebabkan oleh kecepatan angin yang tinggi (lihat Prinsip Bernoulli) dan berputar cepat (berkaitan dengan keseimbangan siklostrofik) sering menyebabkan uap air di udara berkondensasi yang menyebabkan tampak corong kondensasi. Tornado merupakan pusaran angin bukan awan kondensasi.
Awan corong merupakan perwujutan dari corong kondensasi yang tanpa disertai angin kencang di permukaannya. Tidak semua awan corong menjadi sebuah tornado. Namun, banyak tornado yang didahului oleh awan corong seperti pusaran mesosiklon yang mendarat di permukaan tanah. Tornado pada umumnya menghasilkan angin kencang di permukaannya ketika corong yang tampak itu bertahan di atas permukaan tanah. Hal ini menyebabkan sulitnya menemukan perbedaan antara awan corong dan tornado dari suatu jarak tertentu.
Kadang, sebuah badai tunggal menghasilkan berbagai tornado dan mesosiklon. Proses ini dikenal sebagai siklus tornadogenesis. Tornado yang terbentuk dari badai yang sama dikenal sebagai keluarga tornado. Kadang-kadang sejumlah tornado dari mesosiklon yang berbeda terjadi secara bersamaan.
Kadang, beberapa tornado terbentuk dari sistem bada berskala luas yang sama. Jika terdapat aktivitas tornado yang merusak, hal ini dianggap menjadi suatu serangan tornado, meskipun ada bermacam-macam definisi. Periode beberapa hari berturut-turut dengan serangan tornado di lokasi yang sama (terbentuk oleh beberapa sistem cuaca) merupakan rentetan serangan tornado, yang kadang disebut serangan tornado luas.
Sebagian besar tornado yang merusak dan mematikan disebabkan oleh supersel, yaitu badai guntur yang berputar dengan sirkulasi yang teratur yang disebut mesosiklon. Supersel juga dapat menimbulkan hujan es yang merusak, angin kencang non-tornado, kilat, dan banjir tiba-tiba. Pembentukan tornado umumnya dapat dilihat pada hal- hal yang terjadi pada skala badai, didalam dan sekitar mesosiklon. Pertumbuhan tornado berhubungan dengan perbedaan temperature pada di tepi massa udara turun ( downdraft ) yang berada di sekitar mesosiklon ( downdraft oklusi). Studi pemodelan secara matematis tentang pertumbuhan tornado juga mengindikasikan tornado dapat terjadi tanpa pola temperature tersebut; bahkan kenyataannya, variasi temperatur yang teramati sangat kecil pada beberapa tornado yang menyebabkan kerusakan hebat dalam sejarah yakni pada 3 Mei 1999.









JENIS JENIS TORNADO

Tornado multi-pusaran

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/ea/1957_Dallas_multi-vortex_1_edited.JPG/250px-1957_Dallas_multi-vortex_1_edited.JPG

Tornado multi-pusaran adalah suatu jenis tornado dimana dua atau lebih kolom udara yang menggumpal berputar mengelilingi pusat. Struktur multi-pusaran dapat terjadi di hampir setiap sirkulasi, namum sangat sering teramati dalam tornado dahsyat.

Satelit tornado

Strom - Tornado Return


Satelit tornado adalah suatu istilah untuk tornado lemah yang terbentuk dekat tornado besar kuat yang terjadi dalam mesosiklon yang sama. Satelit tornado muncul dari "orbit" tornado besar (sebagai namanya), yang memperlihatkan wujud pusaran yang multi-pusaran. Namun, satelit tornado merupakan corong yang berbeda, dan lebih kecil dibandingkan corong utama.

Puting Beliung


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e8/Trombe.jpg/250px-Trombe.jpg

Puting Beliung secara resmi digambarkan secara singkat oleh National Weather Service Amerika Serikat seperti tornado yang melintasi perairan. Namun, para peneliti umumnya mencirikan puting beliung "cuaca sedang" berasal dari puting beliung tornado.
Puting beliung cuaca sedang, sedikit perusak namun sangat jauh dari umumnya dan memiliki dinamik yang sama dengan setan debu dan landspout. Mereka terbentuk saat barisan awan cumulus congestus menjulang di perairan tropis dan semitropis. Angin ini memiliki angin yang secara relatif lemah, dinding berlapis lancar, dan umumnya melaju sangat pelan. Angin ini sangat sering terjadi di Florida Keys.
Puting Beliung Tornado merupakan secara harafiah sebutan untuk "tornado yang melintasi perairan". Angin ini dapat terbentuk melintasi perairan seperti tornado mesosiklon, atau menjadi tornado darat yang melintas keluar perairan. Sejak angin ini terbentuk dari badai petir perusak dan dapat menjadi jauh lebih dahsyat, kencang, dan bertahan lebih lama daripada puting beliung cuaca sedang, angin ini dianggap jauh lebih membahayakan

JENIS TORNADO BERDASARKAN KEKUATAN

Tornado Lemah

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:MLK_7tpL6TC9JM

Cirinya :
1)    Mencakup 88 % dari jumlah keseluruhan tornado
2)    Menyebabkan kematian kurang dari 5 %
3)    Memiliki tenggang waktu 1 sampai 10 menit
4)    Kecepatan angin < 110 mph

Tornado Kuat


Storm - Tornado

Cirinya :
1)    Mencakup 11 % dari jumlah keseluruhan tornado
2)    Menyebabkan kematian hampir 30 %
3)    Memiliki durasi 20 menit bahkan lebih
4)    Kecepatan angin 110 mph sampai 205 mph

Tornado Sangat Kuat

Storm - Cloud and Wind

Cirinya :
1)    Mencakup 1 % dari jumlah keseluruhan tornado
2)    Menyebabkan kematian 70 %
3)    Memiliki durasi lebih dari 1 jam
4)    Kecepatan angin > 205 mph







Waterspout

http://www.g-excess.com/wp-content/uploads/2010/08/Storm-Badai-Kilat.jpg

Cirinya :
1)    Waterspout merupakan tornado yang lemah yang terbentuk dari perairan hangat
2)    Waterspout terjadi pada saat musim dingin / musim salju yang terlambat datang, disaat orang orang mengira kemungkinan terjadinya tornado sangat kecil.
3)    Waterspout terkadang bergerak di deket daratan dan menjadi tornado yang menyebabkan kerusakan parah dan korban jiwa.

MANFAAT TORNADO
Dibalik dasyatnya tornado ternyata menyimpan manfaat diantaranya yaitu menjaga suhu daerah yang dilalui tornado agar daerah tersebut tidak terlalu dingin / panas karena tornado membawa angin dari derah lain yang biasanya dari daerah lebih dingin, atau lebih panas dari daerah yang diterjang angin mungkin kalau tidak ada tornado banyak daerah yang menjadi gurun dan padang es. Banyak negara seperti amerika latin yang menjadi gurun akibat tidak ada tornado.

10 TORNADO PALING MENGERIKAN

1.TriStateTornado(1925)
Tri State Tornado atau Tornado Tiga Negara yang melanda negara bagian di AS dari Missouri, Illinois dan Indiana pada 18 Maret 1925 mungkin merupakan angin tornado yang paling merusak dalam sejarah di negara Amerika Serikat. Tornado pembunuh ini mempunyai trek sepanjang 300 km, menyebabkan kerusakan yang sangat dahsyat, sarana prasarana. 3 negara bagian tersebut rata dengan tanah. Sekitar 1000 orang kehilangan nyawa mereka pada hari itu.
http://s3.amazonaws.com/readers/2010/04/28/tri-state_1.jpg

2.DeepSouthTornado(1932)
The Deep South Tornado (yang terjadi pada tahun 1932) menghantam negara bagian Alabama dan merupakan 2 bencana angin tornado terburuk yang dicatat di tanah AS. Kategori angin tornado tersebut masuk ke dalam golongan F4 dan menewaskan lebih dari 300 orang dan meninggalkan jejak kehancuran yang luar biasa.
http://s3.amazonaws.com/readers/2010/04/28/alabama_1.jpg


3.Tupelo-Gainesvilletornado(1936)
Tupelo dan Gainesville, tornado ini menewaskan sekitar 400 orang dan menghantam bagian selatan timur Amerika Serikat pada 1936. Menyebabkan kematian dan kehancuran besar di dua kota dan merupakan salah satu yang paling mengerikan dari bencana alam yang pernah ada di Benua Amerika.
http://s3.amazonaws.com/readers/2010/04/28/gainsville_1.jpg


4.Flint-WorcesterTornado
The Tornado Flint-Worcester adalah kombinasi 2 tornado yang disebabkan oleh sistem badai yang sama. Tingkatnya adaah F5, tornado ini telah merenggut 243 orang di berbagai negara bagian di seluruh AS.
http://s3.amazonaws.com/readers/2010/04/28/flint-worcester_1.jpg


5.GreatPlainstornado(1955)
1955 Great Plains adalah bencana angin tornado yang merupakan salah satu yang paling mematikan di dunia dan tornado ini 'terjebak' di Amerika Tengah dan Selatan Amerika pada tahun 1955. Angin tornado mematikan ini adalah kombinasi dari 47 tornado, mulai dari tornado kecil sampai tornado F5.
http://s3.amazonaws.com/readers/2010/04/28/great-plains_1.jpg
6.ManitobaTornado(2007)
The Manitoba Tornado melanda kota Manitoba pada tanggal 22 Juni 2007 dan tingkat angin tornado F5. Ini adalah salah satu tornado yang paling besar yang dicatat pada abad ini. Para penduduk melihat dari kejauhan bagaimana rumah-rumah mereka beterbangan.
http://s3.amazonaws.com/readers/2010/04/29/f5tornadoeliemanitoba2007_1.jpg

7.KansasTornadoOutbreak(1991)

Bencana Tornado Kansas pada tahun 1991 terjadi pada tanggal 26 April dengan lebih dari 55 buah tornado melanda kota, menewaskan dan melukai ratusan orang. Bencana tornado ini terdiri dari 4 tornado tingkat F4 dan satu tornado tingkat F5. Kejadian ini juga dibahas dalam sebuah film dokumenter National Geographic.



8.Mid-JuneTornadoOutbreak(1992)
Pertengahan tahun 1992 pada bulan Juni. Bencana Tornado ini adalah salah satu dari bencana badai erburuk yang tercatat dalam sejarah. Angin tornado ini terdiri dari 170 tornado yang melanda Amerika Tengah selama 4 hari berturut-turut pada bulan Juni. Ada satu tingkat F5. Tornado ini meratakan apa saja yang ada disekelilingnya.
http://s3.amazonaws.com/readers/2010/04/29/mid-june_1.jpg


9.OakfieldTornado(1996)
Tahun 1996, 'Tornado Oakfeld' menghancurkan kota Oakfield pada tanggal 18 Juli 1996. Angin tornado F5 ini melukai banyak orang, tapi untungnya tidak ada yang tewas. Kerusakan akibt angin ini diperkirakan sekitar $ 40 juta.

10. NashvilleTornado(1998)
Nashville tahun 1998. Bencana angin Tornado terus ini berlangsung selama berhari-hari. Seluruhnya terdapat total 61 tornado yang menyapu beberapa negara.






KESIMPULAN

Angin Tornado adalah suatu angin pusaran kuat skala menengah dari kumpulan arus kuat awan gelap yang merentang ke permukaan bumi. Saat muncul angin Tornado, kerap disertai dengan satu atau beberapa pilar awan berbentuk corong seperti “belalai gajah” dari dasar awan dan menjulur ke bawah, dengan disertai badai angin dan hujan, petir atau rambun (batu es).
Jika Tornado melewati permukaan air, ia dapat menarik air ke atas, dan membentuk tiang air, berdekatan dengan awan. Jika melewati daratan, kerap akan merobohkan rumah, menumbangkan tiang listrik, bahkan menarik manusia, ternak atau benda-benda lain ke dalam pusarannya dan dibawa ketempat lain.
Disamping menimbulkan korban jiwa, tornado juga memiliki manfaat yaitu dapat mengatur suhu pada daerah yang berlebih karena angin tornado membawa muatan udara yang berlebih pada suatu daerah ke daerah lainnya.







DAFTAR PUSTAKA

www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar